"Catharina Leimena: Show Must Go On" Tayang di Bioskop Online

Asosiasi Dokumenteris Nusantara
0


Setelah judulnya berubah menjadi "Catharina Leimena: Show Must Go On", film dokumenter nominasi Film Dokumenter Panjang Terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2021 ini akhirnya bisa dinikmati oleh publik melalui Bioskop Online. Film ini resmi dirilis pada pertengahan tahun 2023, bertepatan dengan perayaan Hari Musik Sedunia.


Film  karya Patar Simatupang ini mengajak penonton untuk mengenal lebih dekat kehidupan Catharina Leimena serta kontribusinya dalam dunia musik di Indonesia. Meskipun berusia 82 tahun, Catharina Leimena tetap tak tergoyahkan oleh kerentaan. Sebagai seorang mezzo-sopran, kreativitasnya tak henti mengalir, seolah tanpa batas. Setiap kesempatan dalam kehidupannya Catharina gunakan untuk mengajak generasi muda ikut bergelora dalam musik.




"Catharina Leimena: Show Must Go On" menggambarkan ketekunan luar biasa Catharina dan menghadirkan pesan kuat tentang kekuatan dalam dirinya. Film ini juga mengungkapkan pengaruh positif Catharina terhadap murid-muridnya, memberikan motivasi kepada guru nyanyi, penyanyi ternama, paduan suara, dan pemula.


Namun, ada momen mengguncangkan dalam film ini. Dalam sebuah makan malam, putra Catharina memohon agar ibunya berhenti. Sang putra merasa si ibu sebaiknya lebih banyak beristirahat dan bersenang-senang menikmati usia senjanya. Namun Catharina menolak. Ia tetap berderap melanjutkan perjalanan bermusiknya.




Ganti Judul 

Film ini sebelumnya berjudul "Catharina in a Country of Choirs" saat pertama kali terpilih dalam Akatara 2019 dan diputar dalam Jakarta World Choir Festival (JWCF) 2019. Nah, ajang JWCF itu rupanya merupakan momen luar biasa bagi Catharina yang tentu sangat pas dijadikan titik puncak cerita dalam film. Di luar itu, realitas bahwa meski terkena dampak pandemi COVID-19, Catharina tidak berhenti bekerja dan justru semakin sibuk mengajar secara online, juga menambah daya tarik dari sosok Catharina. 


Tak mau menyia-nyiakannya, Patar Simatupang sebagai sutradara  pun menjadikan kedua hal itu kekuatan baru si tokoh dalam film. Ia memutuskan mengubah alur cerita dan mengubah judul  menjadi "Catharina Leimena: Show Must Go On" pada tahun 2021.


Selain menjadi nominee di FFI 2021, film ini juga mendapatkan nominasi Film Dokumenter Terbaik di Piala Maya 2022. 

 



Judul : Catharina Leimena: Show Must Go On

Genre : Dokumenter - SU

Durasi :1 Jam 7 Menit

Tiket : Rp15.000

Rilis: 2021

Produser : Patar Simatupang

Sutradara : Patar Simatupang

Perusahaan Produksi : Truecolours


Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)